Bukan 3,5 Abad

Banyak orang Indonesia kadong percaya bahwa negri tempat mereka  tinggal pernah dijajah oleh Belanda selama 3,5 abad. Kemungkinan besar, kepercayaan ini tegak karena sedari SD sebagian besar kita selalu diajarkan oleh guru sejarah bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh Belanda.

Faktanya, kepercayaan itu hanya mitos. Sejarawan senior Taufik Abdullah berkata bahwa justru  Belanda memerlukan lebih dari tiga ratus tahun untuk menaklukan beberapa daerah di Hindia Belanda.

Salah satu kecacatan dari pandangan bahwa Nusantara pernah hidup dalam kolonialisme selama 350 tahun adalah dari awal penghitungan waktu menuju 350 tahun itu. Seperti umum diketahui, hitungan 350 tahun itu dihitung sejak kedatangan Belanda dibawah pimpinan Cornelius de Houtman di pelabuhan Banten pada tahun 1652 hingga 1942 ketika Belanda diserbu Jepang.

Secara logika, awal penghitungan ini  tidak masuk akal. Apakah ketika segerombolan orang Belanda berlabuh di pelabuhan Nusantara, serta merta bangsa ini dijajah oleh Belanda?

Selain Taufik Abdullah, Gertrudes Johan Resink pun  membantah teori 350 tahun kolonialisme di Indonesia. Berdasarkan studi hukum internasional, Resink membuktikan bahwa sebenarnya Belanda tidak menjajah negri ini selama 350 tahun. Tahun 1854 Mentri Urusan Koloni mengatakan kepada Parlemen Belanda bahwa di Kepulawuan Indonesia masih ada negeri-negri merdeka.

Resink sendiri, di antaranya, mengacu pada kepada beberapa kasus pengadilan, di mana hakim dan Mahkamah Agung Hindia Belanda berkesimpulan bahwa mereka tidak mempunyai wewenang mengadili perkara karena yang bersangkutan bukan dianggap penduduk Hindia Belanda melainan merupakan rakyat kerajaan atau negri pribumi yang masih merdeka. Contoh kasus seperti ini adalah dalam perkara seorang Kutai yang dibawa ke pengadilan Surabaya tahun 1904 yang ditolak oleh Mahkamah Agung.

Diperas dari beberapa sumber.

2 thoughts on “Bukan 3,5 Abad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s