Penayangan Piala Indonesia oleh RCTI Mengecewakan

Untuk pertama kalinya, saya menonton pertandingan antar klub sepak bola Indonesia di televisi yang ditayangkan jam 11 malam. Biasanya pertandingan sepak bola di Indonesia disiarkan pada waktu ashar atau awal isya.

Betul, pertandingan Piala Indonesia antara Persib Bandung vs Persibo Bojonegoro yang disiarkan RCTI tadi malam itu merupakan siaran tunda. Siapa pula orangnya yang mau main bola tengah malam. Tapi ada beberapa catatan ikhwal siaran tunda pertandingan ini yang membuat saya kecewa.

Pertama, waktunya terlalu larut. Pertandingan baru kelar lewat tengah malam dengan hasil akhir 1-1. Kedua, waktu pertandingan dipotong beberapa menit. Babak I hanya disajikan 30 menitan saja, Babak II tak jauh beda. Ketiga, penundaan waktu siar ini  tidak sesuai dengan pernyataan Harsiwi Achmad, Direktur Program dan Produksi RCTI, yang pernah bilang “Kami juga ingin menggarap sepak bola lokal dan tentunya mengemas dan menyajikan yang terbaik.”

Pertandingan Piala Indonesia itu sendiri digelar jam 7 malam di stadion 10 November, Surabaya. Tapi RCTI, sebagai pemegang hak siar Piala Indonesia, tidak mau meliburkan atau menggeser jam tayang sinetron Safa dan Marwah serta Seindah Senyum Winona. Pertimbangannya gampang ditebak, penghasilan iklan dari Sinetron yang lebih besaaar. Sinetron-sinetron RCTI memang dikenal memiliki high rating.

Tindakan RCTI ini mengecewakan. Meskipun hanya satu-dua kali, penundaan waktu siar pertandingan Piala Indonesia ini tentu sangat mengganggu kenyamanan dan kepuasan para penonton bola.

Sayangnya PT Liga Indonesia kadong bikin kontrak dengan RCTI untuk jangka waktu tiga tahun. Jika pihak RCTI tidak memperbaiki sajian pertandingan Piala Indonesia, itu sama saja dengan menyia-nyiakan hak siar yang dipercayakan PT Liga Indonesia padanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s