Motor Anda, Telinga Saya

Saran bagi para pengendara motor bersuara bising

Baiklah, karena itu motor Anda, Anda boleh berbuat apapun atas motor Anda itu. Memereteli lampu-lampunya, memodifikasi bodinya, termasuk mengganti knalpotnya dengan knalpot bersuara bising, lalu menungganginya secara bebas-lepas di jalan raya. Terserah. Ini tidak aneh. Banyak orang merasa bebas melakukan apa saja atas barang miliknya tanpa memerhatikan aturan atau apapun di sekitarnya.

Tapi jangan lupa, suara motor Anda juga masuk ke telinga saya, telinga tetangga saya, telinga orang-orang yang anda lewati sepanjang jalan, telinga para pengendara lain. Dan sori, jika menutur Anda suara motor Anda itu keren, menurut banyak orang, suara motor Anda itu memuakkan. Saya sering mendengar orang-orang mengumpati para pengendara motor bersuara bising yang lalu lalang di jalan.

Nah, bagaimana ini? Kebebasan Anda mengganggu kenyamanan banyak orang, mengganggu kenyamanan bayi yang lagi tidur, mengganggu orang-orang yang lagi menggelar suatu acara. Saban hari Anda bikin banyak orang terganggu. Ini masalah serius. Sebaiknya Anda memikirkan ini. Dan urusannya kian serius jika orang-orang yang merasa terganggu itu mengharapkan atau mendoakan macam-macam atas diri Anda.

Oke, Anda mungkin tidak peduli. Anda masih merasa boleh melakukan apa saja dengan motor Anda di jalan raya atau jalan perumahan atau di gang sekalipun. Dan Anda masih merasa gagah dengan kebisingan motor Anda itu. Anda keras kepala, tidak apa, itu kepala Anda.

Tapi karena saya peduli dengan kenyamanan pendengaran saya dan banyak orang pun peduli dengan pendengarannya masing-masing, inilah Saya ajukan jalan tengah yang semoga baik bagi Anda, baik bagi saya, baik bagi banyak orang.

Modifikasilah knalpot sepeda motor Anda sedemikian rupa sehingga volume suaranya normal bagi orang lain tapi tetap bising untuk Anda sendiri. Kepada bengkel kepercayaan Anda, Anda bisa minta dibikinkan headset untuk knalpot motor Anda. Headset itu tersambung dari knalpot ke telinga Anda. Setiap kali Anda mengendarai motor, pasanglah headset itu. Dengan begitu, Anda masih tetap bisa menikmati suara motor Anda, dan telinga orang lain tidak terganggu oleh suara motor Anda.

Itu adalah saran kedua, karena saran pertama, saran yang kiranya lebih sulit bagi Anda, adalah mengganti knalpot motor Anda dengan knalpot yang volume suaranya biasa saja.

Namun jika saran kedua ini masih berat dilakukan, saya kira knalpot bising itu memang tak semata Anda pasang untuk memanjakan telinga Anda, tapi juga sebagai upaya Anda untuk bisa eksis di jalanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s