Kumpulan Tulisan Para Pesohor

Saya sangat senang beberapa bulan terakhir ini menemukan situs-situs atau blog-blog yang menghimpun tulisan para penulis sohor  situs yang menghimpun tulisan-tulisan Emha Ainun Najib di http://www.caknun.com/. Sebelumnya saya telah menemukan kumpulan tulisan Ariel Heryanto di https://sites.google.com/site/himpunariel/ juga Goenawan Mohamad di http://goenawanmohamad.com/.

Saya suka gaya menulis ke empat orang itu. Satu sama lain beda, tapi hampir sama menariknya. Isi dan pandangan dalam tulisan mereka tentu beda-beda. Dahlan Iskan, misalnya, melulu menceritakan pekerjaannya sebagai mentri BUMN. Tapi, saya pikir adalah sangat bagus jika setiap mentri bisa dan mau menulis secara rutin tentang pekerjaan dan apa yang mereka kerjakan, seperti halnya Dahlan Iskan.

Belakangan sebetulnya saya menemukan juga kumpulan tulisan Gus Dur di http://ahmadalihusain.wordpress.com/2011/03/17/ebook-gusdur/, tapi saya belum memverifikasinya lebih jauh, jadi belum dapat saya rekomendasikan pada anda.

Saya kira jenis situs-situs macam ini akan terus bertambah. Saya juga menunggu kumpulan tulisan para pesohor lain, termasuk Samuel Mulia yang, menurut saya, tergolong unik dibanding para penulis lain.

Terima kasih dan salam hormat untuk para penulis tersebut (yang telah merelakan tulisannya dipublikasikan di ranah maya) dan pada para penghimpun tulisan tersebut yang telah berjerih payah mengoleksi, menata, dan mempublikasikan tulisan para pemahat kata tercanggih yang dimiliki Indonesia. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s