Enam Bulan di Melbourne

Pekan ini genap enam bulan saya tinggal di Melbourne. Saya berada di kota ini untuk melanjutkan studi di The University of Melbourne. Enam bulan yang telah dilalui adalah masa adaptasi atas kehidupan di kampus dan banyak pernak-perniknya. Periode ini juga menjadi masa pengenalan dan penyesuaian dengan kehidupan keseharian di Melbourne: cuaca, tempat tinggal, orang-orang, makanan, dan sebagainya.

Saya menuntaskan perkuliahan di semester satu Juni lalu. Nilai-nilai dari empat mata kuliah yang saya ambil pada umumnya cukup baik. Tidak membuat saya merasa cemerlang tapi cukup bikin percaya diri untuk memasuki semester berikutnya. Dari nilai-nilai akhir yang didapat di semester satu juga saya simpulkan bahwa saya berhasil melalui proses adaptasi terhadap alam akademik di kampus ini.

Di luar kehidupan akademik, masa penyesuaian di kota ini juga saya lalui dengan relatif lancar. Tidak masalah serius soal makanan. Makanan Indonesia mudah ditemui di sini. Kalau mau masak, bahan-bahannya juga gampang didapat. Daging? Ada banyak toko daging halal di Melbourne.

Yang memerlukan upaya lebih adalah mendapatkan tempat tinggal dan perkara-perkara terkait seperti memasang internet dan listrik. Selain mahal (bahkan untuk ukuran Australia), mencari tempat tinggal yang tepat di Melbourne tidak enteng meski juga tidak sulit-sulit amat. Kadang harganya cocok, tapi lokasinya tidak pas. Ada yang lokasinya oke, tapi kondisinya tidak sesuai dengan kebutuhan. Tapi pada akhirnya saya dapat juga. Sebuah unit apartemen mungil dan sederhana berjarak 25 menit dengan tram dari kampus. Sekarang saya tinggal di situ bersama istri dan anak.

Ada banyak pengalaman menarik yang saya pikir perlu saya bagi di blog ini. Dari urusan tempat tinggal, transportasi, orang-orang, budaya, pekerjaan, dan lain-lain. Saya berjanji pada diri sendiri untuk menuliskan beberapa pengalaman tersebut di sini.  Insya Allah.

 

Leave a Reply

